Mendadak Ngetrip ke Bali

Foto ini aku ambil di depan pintu masuk Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur. (Awas Baper!) :D
- Orang mengira ini edan, 12 jam berada di jalan.
- Mumpung cuaca lagi bersahabat, karena itu kita tetap nekat berangkat.
- Inilah traveler sejati, walaupun harus rela bangun jam 2 pagi.
      ~ Kevin Demsi ~
Perjalanan kali ini (29 mei 2016) ga direncanain sama sekali. Dan aku juga super excited. Yes! Aku mau ke Bali.... Wooohhhooo.... :D

Ngetrip kali ini makan waktu 12 jam dan aku sendiri yang nyetir (So, ini mecahin rekor aku nyetir terjauh yaitu dari Malang ke Bali. Sebelumnya, rekor terjauh itu aku nyetir dari Bali ke Lombok th. 2014)

Okay! Aku bangun jam 2.32am dan buru-buru mandi (Karena masih pagi buta, tentu air di Malang super dingin) setelah semua perlengkapan siap. Aku berangkat jam 3.16am menuju Banyuwangi. Selama di jalan aku ga nemuin macet yang parah (Yaiyalah masih jam 3 subuh :D )
Jalannya masih sepi coy! (Maap fotonya nge-blur karena sambil jalan ngambilnya :D  )
Rute yang aku lewatin itu Malang - Purwosari - Pasuruan - Probolinggo - Situbondo - Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) - Pelabuhan Gilimanuk (Kab. Jembrana, Bali) - Kabupaten Tabanan (Bali) - Kuta Utara, Kabupaten Badung (Bali).

Jam 4.26am aku istirahat sekalian Sholat Subuh di Mesjid Baitul Makmur Kota Pasuruan.
Mesjid Baitul Makmur Kota Pasuruan, Jawa Timur
Abis selesai Sholat Subuh, perjalanan dilanjutin lagi... dan aku masuk Kabupaten Probolinggo sekitar jam 5.19am. Selama di jalan yang masuk wilayah Kab. Probolinggo ini pemandangannya kece banget.
Gapura masuk Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Sunrise ini aku foto waktu diwilayah Kabupaten Probolinggo Jawa Timur
Jalanannya udah mulai rame kalo yang disini karena ini adalah Jalur Pantura Surabaya - Banyuwangi. Sekitar jam 5.27am aku baru masuk Kota Probolinggo.
Ini dia Gapura masuk Kota Probolinggo, Jawa Timur yang aku ambil sekitar jam 5.27am
Karena hari itu hari Minggu, dan kebetulan jalan yang kearah pusat kotanya ditutup karena lagi ada Car Free Day. Jadi aku lewat jalan alternatifnya dan lewat desa-desa dan langsung masuk Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.
Udaranya masih adem dan ga se-rame di Kotanya (Foto ini diambil jam 6.29am)
Cuacanya cerah banget! (Foto ini diambil jam 6.31am)
Nah, abis itu jalan yang aku lewatin masuk wilayah PLTU Paiton. Jadi PLTU Paiton ini adalah pembangkit listrik Jawa - Bali. Unit PLTU Paiton dikelola PT. Pembangkit Jawa - Bali yang ngoperasiin 2 pembangkit yang totalnya 800 MW terus energi litriknya didistribusiin pakai sutet 500kV sistem interkoneksi Jawa - Bali.

Selain itu, kompleks pembangkit listrik Paiton juga ada 2 pembangkit yang dikelola swasta yang totalnya 2.500 MW
  1. Pembangkit Swasta pertama milik PT. Paiton Energy Company dan dioperasikan sama PT. International Power Mitsui Operation & Maintenance Indonesia. Jadi total kapasitasnya 1230 MW.
  2. Pembangkit Swasta kedua milik oleh PT. Jawa Power dan dioperasikan oleh PT YTL Jawa Timur. Total kapasitasnya  1300MW.
PLTU Paiton (Pembangkit Listrik Jawa - Bali) [1]
PLTU Paiton (Pembangkit Listrik Jawa - Bali) [2]
PLTU Paiton (Pembangkit Listrik Jawa - Bali) [3]
PLTU Paiton (Pembangkit Listrik Jawa - Bali) [4]
Ga jauh dari aku ambil foto-foto diatas, ada Rest Area juga loh... Jadi jangan takut untuk yang mau istirahat sekaligus liat pemandangan Pembangkit Listrik Jawa - Bali ini. Karena masih pagi dan aku juga belom sarapan. So, aku mampir kesini dan istirahat.
Ini dia Rest Areanya :)
Paling enak makan yang anget-anget nih! :D
Lokasi Rest Area ini di Jalan Raya Surabaya - Situbondo
Tapi kalo yang mau nyari Pom Bensin di Rest Area ini ga ada. Adanya bensin eceran. Tapi jangan khawatir jarak <500m dari Rest Area ini ada SPBU Utama Raya. Nah di SPBU ini Rest Areanya lebih lengkap. Ada 80 Toilet + Air Panas, Hotel, Villa, bahkan Cafe. Jadi tinggal milih deh mau istirahat di Rest Area Paiton atau SPBU Utama Raya. :)

Rest Area SPBU Utama Raya (Foto ini aku ambil jam 7.18am)
Ini kalo musim Mudik ramenya bukan main! :D
Selesai beristirahat ria, aku lanjut nyetir lagi dan masuk daerah Situbondo sekitar jam 7.08am. Entah kenapa aku ngerasa jalan hari itu sepi banget atau karena hari itu hari Minggu ya... :D
Selamat Datang di Situbondo, Jawa Timur! :)
Selama di Situbondo ini aku juga disuguhin pemandangan yang kece-kece juga loh!
Keren kaaann... :D
Next, jalur yang aku lewatin juga yaitu Km. 1000 Anyer - Panarukan. Ya, ini adalah Jalan Raya Pos di zaman Hindia Belanda. Waktu itu dipimpin oleh Gubernur - Jenderal Herman Willem Daendels. Jalan ini dibangun gunanya untuk ngirim Pos biar bisa berkomunikasi antar daerah yang dia pimpin.
Tugu 1000 km Anyer - Panarukan di daerah Panarukan, Jawa Timur (Foto ini aku ambil jam 8.04am)
Sekitar jam 9.19am aku lewat Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur. Nah, buat lu yang nyetir pake kendaraan pribadi usahain sebelum lewat TN Baluran bensin mencukupi. Karena nanti jalan yang dilewatin itu masuk hutan jati (Taman Nasional Baluran) jadi bebas dari Pom Bensin. Dan kalo lu jalan malam hari lewat sini juga ga ada penerangan jalan. So, hati-hati aja ya
Lokasi ini di Jalan Raya Banyuwangi - Situbondo, Jawa Timur (Foto ini aku ambil jam 9.19am)
Karena jalan yang berbelok-belok. Kadang itu ada aja kendaraan atau truk yang kecelakaan atau mogok. Kalo lu lewat sini hati-hati aja
Macet, karena waktu itu ada truk kecelakaan. :(
Setelah 1 jam jalan diantara Hutan Jati (Taman Nasional Baluran, Jawa Timur) akhirnya aku masuk wilayah Banyuwangi. Yay! Itu berati Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi udah deket :D
Akhirnya masuk Banyuwangi juga! :D
Aku juga sempet isi Bensin abis masuk Gapura itu (Foto diatas).
Bali & Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ~ Lurus! :D
4 km lagi!
Setelah jalan 4 km dari lokasi aku foto rambu-rambu diatas. Tepat jam 10.27am aku sampe di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi- Jawa Timur untuk selanjutnya naik kapal ferry nyebrang ke Pulau Bali! Hoorraaayy... :D

Sayang tulisan "Pelabuhan Penyebrangan Ketapang" ketutupan :(
Baliiii... I'm comiiinggg!!! :D
Sebelum masuk, beli tiket dulu ya! :D
Ini dia tiketnya!
Nunggu... Kapalnya masih persiapan masuk dermaga.
Suasana ngantri...
Khusus pejalan kaki juga ada jalurnya loh :)
Tepat jam 10.51am akhirnya aku dan penumpang lainnya diizinin masuk kapal. Woohhoo...

Masuk kapal... :D
Here we go... :D
Berasa kayak mau masuk mulut monster :D
Ini adalah Deck bawah (Tempat untuk kendaraan)
Nah, kalo cuaca buruk (Gelombang tinggi) kadang kendaraan yang diparkir itu sampe diikat. Tujuannya biar kapal seimbang terus. Dan kalo pas lagi musim Mudik deck ini penuh dan jarak antar kendaraan itu padat banget. Abis parkir, aku langsung naik ke bagian deck khusus penumpang. Sebelum mulai berlayar lewatin Selat Bali, kapal ferry ini nampilin prosedur keselamatan.
Anginnyaaa...
Lagi ditampilin prosedur keselamatan keadaan darurat
Ini suasana deck atas
Kalo mau duduk disini pas penyebrangan sore atau pagi kayaknya kece juga... :D

Tapi, kalo siang duduk disini kayak waktu foto ini diambil, ya siap-siap nyonyor, kepanasan! :D
Kalo yang mau berjemur bisa kok. Siapin sunblock yaa :D
Setelah mengapung-mengapung diatas Selat Bali. Jam 12,09pm akhirnya kapal ferry ini sandar di dermaga Pelabuhan Gilimanuk, Kab Jembrana - Bali. Almost here... :D
Itu dia dermaganya!
Petugas lagi iket tali kapal biar kapal ga gerak karena gelombang laut. (Pacar lu iket juga biar ga kabur. Hahaha~ :D )
Siap-siap untuk keluar kapal... :)
Sebelum keluar Pelabuhan Gilimanuk. Kita bakal di cek kelengkapan SIM, STNK, dan KTP
Welcome in Bali! :D
Karena aku sampe di Bali pas masuk jam Sholat Dzuhur jadi aku sekalian Sholat Dzuhur dulu di Masjid Besar Al-Mubarok, Gilimanuk. Lokasi mesjid ini ada di Jalan Raya Denpasar - Giimanuk (Ga jauh kok dari pintu keluar Pelabuhan ~ Sebelah kanan jalan)

Sholat dulu... :)
Banyak juga yang Sholat sekalian istirahat sebelum lanjut jalan :)
Lalu, jarak dari Pelabuhan Gilimanuk, Kab. Jembrana ke Kota Denpasar sekitar 123 km (3 jam). Jalan yang dilewatin itu desa-desa jadi hawanya masih bisa diajak temenan. Apalagi kalo pas pagi-pagi pemandangannya keren lah! :D

Yaps...
Jadi itu cerita aku yang mendadak ke Bali + mecahin rekor nyetir terjauh juga. Kalo yang mau kasi kritik dan saran bisa lewat kanal "Kotak Pos" ya... Makasi udah sempetin baca :)